5 Makanan Yang Tidak Direkomendasikan Untuk Sarapan

Posted on Posted in Articles, Food Issues

Bagi sebagian besar orang Indonesia dan mungkin juga di berbagai negara, sarapan adalah hal wajib yang dilakukan setiap pagi.Tanpa sarapan, banyak orang yang tak bisa konsentrasi.

Namun ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi saat pagi hari. Di antaranya adalah makanan berikut ini.

Bacon, ham atau sosis

Makanan dari protein hewani yang diproses umumnya mengandung nitrat yang bisa menjadi pemicu kanker pencernaan. Salah satu penelitian dari Institute Penelitian Kanker adalah bagaimana mengurangi nitrat ternyata bisa berdampak untuk mengurangi resiko kanker pada tubuh kita.

Sereal Bergula

Sereal seharusnya mengandung karbohidrat, karena dari karbohidrat tersebut bisa didapatkan gula dan berbagai sumber energi yang baik bagi kesehatan. Sedangkan bila Anda mengonsumsi sereal dengan lapis gula, maka Anda tak hanya menambah tenaga, namun juga melonjakkan gula darah dalam tubuh yang mana hal ini kurang baik untuk dilakukan.

Nasi (dalam porsi besar)

Nasi putih adalah salah satu sumber makanan untuk sarapan yang kurang direkomendasikan meski makanan ini menjadi menu pokok orang Indonesia. Sebenarnya nasi yang baik adalah nasi merah. Namun apabila Anda tetap lebih suka nasi putih, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Selain itu, padukan dengan sayuran agar lebih sehat.

Susu dan Yoghurt

Mungkin ini sedikit mengagetkan bagi Anda yang suka mengganjal perut dengan roti dan susu saat Anda sedang tak sempat sarapan nasi. Susu bersifat asam dan bagi beberapa orang (yang bahkan terbiasa minum susu di pagi hari) setelah minum susu akan merasakan begah dan perih pada perut. Hal ini akibat reaksi susu tersebut. Lebih disarankan minum jus buah yang lebih nyaman masuk perut.

Mayonaise, Sambal, Mustard

Pilihan saus-sausan seperti di atas, bahkan termasuk makanan bersantan, sebenarnya kurang direkomendasikan untuk sarapan. karena bisa jadi makanan seperti ini masih terlalu dini untuk penyerapan makanan di pagi hari. So, lets make it more light. Kecap masih bisa jadi pilihan Anda.

Sarapanlah dengan makanan yang tak akan membebani pencernaan. Tidak sensitif di perut dan porsinya cukup. Makanlah untuk memberi tenaga, bukan sekedar sampai kenyang.

SUMBER : vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *