Apakah Konsumsi MSG Membahayakan Kesehatan?

Posted on Posted in Articles, Food Issues

By: Florin Kosalim

MSG (Monosodium glutamate) merupakan bahan penyedap masakan. MSG lebih banyak digunakan dalam masakan Asia dibandingkan dengan Eropa. Selama ini terdapat banyak pernyataan yang menunjukkan bahwa MSG berbahaya bagi kesehatan kita. Beberapa artikel menyatakan bahwa konsumsi MSG dapat menyebabkan timbulnya sakit kepala, mual – mual, keringat berlebih, nyeri di bagian dada, dan lainnya. Namun sebenarnya para peneliti belum menemukan fakta yang kuat yang dapat mendukung dampak MSG tersebut bagi kesehatan tetapi terdapat sebagian orang yang memiliki reaksi sensitif terdapat konsumsi MSG. Gejala yang terjadi umumnya ringan dan tidak memerlukan penanganan yang berlebih.

Monosodium glutamat merupakan senyawa derivat dari amino, yaitu asam glutamat yang biasanya terdapat secara alami pada bahan pangan seperti jamur, kedelai yang difermentasi, dan keju yang diperam. Asam glutamat merupakan senyawa glutamat yang merupakan sumber cita rasa yang disebut umami. MSG mula – mula ditemukan di Jepang dari hasil fermentasi rumput laut secara tradisional.

MSG mengandung sebanyak 1/3 dari natrium garam meja dan digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan garam dapur, sehingga dapat menghindarkan konsumen dari darah tinggi. MSG biasanya dikombinasikan dengan garam dapur, sehingga penggunaan garam dapur dapat dikurangi karena MSG dapat menguatkan rasa.

Metabolisme anak kecil terhadap senyawa glutamat sama dengan orang dewasa dan senyawa glutamat aman bagi anak – anak. Faktanya ASI mengandung 10 kali lipat dibandingkan dengan susu sapi. MSG merupakan salah satu dari bahan penyedap yang paling sering digunakan. Berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa MSG memberikan cita rasa yang baik untuk makanan dan aman untuk dikonsumsi.

 

Dikutip dari berbagai sumber

http://www.eufic.org/article/en/artid/monosodium-glutamate/

http://jn.nutrition.org/content/130/4/1049S.full

http://www.mayoclinic.org/healthy-living/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/monosodium-glutamate/faq-20058196

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *