Celiac Disease ataukah Alergi Gluten?

Posted on Posted in Articles, Food Issues


Gangguan saluran pencernaan merupakan penyakit yang paling sering diderita. Nah, pertanyaannya, apakah penyakit tersebut adalah celiac disease ataukah hanya alergi gluten?
Celiac Disease adalah penyakit yang mengganggu saluran pencernaan sehingga tak bisa menyerap nutrisi secara baik. Penderita celiac disease tak bisa mengkonsumsi segala bentuk protein yang berasal dari gluten, yang banyak di temukan dalam serealia seperti gandum, roti dan tepung. Penderita celiac disease berkaitan erat dengan penyakit osteoporosis, kekurangan vitamin, anemia, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena proses penyerapan kalsium dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang tak sempurna. Karena dinding usus nya rusak sehingga tak mampu bekerja sebagaimana mestinya. Sementara itu, alergi gluten adalah gangguan saluran pencernaan yang diakibatkan oleh konsumsi gluten kedalam tubuh.

Celiac Disease atau Alergi Gluten?
Celiac Disease memiliki gejala awal seperti diare, sembelit, menurunnya berat badan yang terus menerus, dan juga gas buang yang berlebihan. Sedangkan penderita alergi terhadap gluten akan merasa lebih baik saat asupan makanannya tidak mengandung gluten. Hanya saat memakan gluten saja mulai berekasi seperti diare ataupun konstipasi. Meski kedua penyakit ini jarang ditemukan di Indonesia, sebaiknya memeriksakan diri jika ketika memakan bahan pangan yang mengandung gluten menyebabkan diare. Untuk mewaspadai penyakit tersebut, ada baiknya menghindari bahan pangan yang mengandung gluten dan menggantinya dengan bahan pangan lain seperti kentang, kedelai, beras, tepung kacang, dan tentu saja daging, ikan, beras serta buah-buahan dan sayuran tidak mengandung gluten.**
(**Nadiafar)

http://muscularkingdom.com
http://www.bodybuilding.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *