Minuman Segar Penambah Tenaga

Posted on Posted in Articles

fruit veggieSetiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan bugar. Sejalan dengan perkembangan zaman dan semakin padatnya aktivitas, kini banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan serta kebugarannya tubuhnya. Padahal, di sela-sela waktu aktivitas yang padat tersebut, banyak cara yang mudah serta murah yang dapat dilakukan untuk mendapat tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga ringan, seperti lari pagi, berjalan cepat, berenang, serta bersepeda santai dapat menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kita.
Saat berolahraga, perlu diperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh kita. Kita membutuhkan karbohidrat yang dgunakan sebagai tenaga dalam berolahraga, cairan yang banyak sebagai pengganti cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat, serta bagi yang ingin mengontrol berat badan, diperlukan asupan yang rendah lemak. Juse serta smoothie dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan asupan gizi dan tenaga selama berolahraga. Minuman ringan dan segar ini dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam waktu cepat karena kandungan karbohidra dalam jus dan smoothie mampu memenuhi kebutuhan akan cairan serta tentu saja rendah lemakn dan berserat tinggi. Jus dan smoothie juga enak dan mudah dibuat. Namun, dalam konsumsi Jus dan smoothie saat berolahraga, perlu dipaerhatikan nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur yang digunakan.
Sebelum berolahraga, ada baiknya anda mencoba jus buah dengan campuran bit, apel, dan wortel. Buah bit memiliki manfaat sebagai minuman isotonic. Kandungan betakaroten dalam wortel dapat mengurangi tingkat kerusakan organ tubuh dan pencegahan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Jus ini mengandung karbihidrat tinggi, vitamin A, C, B1 dan B6, asam folic, kalium, kalsium, fosfor, serta zat besi. Selain jus, anda juga dapat mencoba smoothie alpukat dan pisang. Kolesterol baik pada alpukat serta kandungan karbohidrat tinggi pada dalam pisangi dapat menjadi sumber tambahan energi untuk berolahraga.
Selama berolahraga, Anda pasti merasa lelah. campuran jus blackberry dan apel dapat membantu Anda mencegah rasa lelah tersebut. Minuman ini kaya akan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan kalsium dan fosfor dalam jus ini baik untuk kesehatan tulang Anda, terutama untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi smoothie pisang dan mangga. Kesegaran campuran kedua buah ini dapat menghilangkan lelah, juga memenuhi kebutuhan karbohidrat. Kandungan kalium dalam pisang juga dapat mengurangi gangguan urat syaraf dan fungsi otot. Serat yang banyak terkandung dalam pisang dan mangga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari IPB. Bakteri baik Lactobacillus sp. dalam perut juga akan terdorong pertumbuhannya dengan adanya kandungan fructoligosacharides, sehingga memperlancar pencernaan.
Cairan yang hilang selama berolahraga serta pemulihan energi harus dilakukan secepat mungkin setelah berolahraga. Untuk itu, solusi minum smoothie yang kaya akan karbohidrat dan protein susu dapat mengatasi hal itu. Anda dapat mencoba smoothie strawberry dan nanas yang mengandung kalsium serta vitamin C, B2 dan B6, serta asam folat. Asam folat merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Asam folat berperan dalam pembentukan butir-butri darah merah dalam tulang dalam kerjasamanya dengan vitamin B12. Dengan perannya, konsumsi asam folat juga dapat mencegah anemia.
Selain smoothie strawberry dan nanas, Anda juga dapat mencoba jus campuran buah melon, apel dan nanas yang pastinya sangat menyegarkan. Apel yang digunakan sebaiknya apel hijau, karena memiliki rasa dan bau yang lebih tajam, sehingga akan menambah citarasa dari jus ini. Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat mengobati tekanan darah dan trombosit. Kandungan lemak yang rendah serta tinggi karbohidrat berguna untuk mengembalikan kesegaran tubuh yang lelah setelah berolahraga. Selain dapat diminum setelah berolahraga, jus ini juga dapat diminum sebelum pemanasan, karena terdapat kandungan air yang cukup tinggi dari buah melon.
Bagaimana tips dan trik yang telah diberikan? Apakah sudah menggoda Anda untuk segera mencicipi kesegaran dari jus dan smoothie yang ditawarkan dan merasakan khasiatnya?

by : Vania Andriani (TIP 2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *